Minggu, 28 April 2019

Cara Sukses Menjadi Broker Properti di Saat Krisis

Cara Sukses Menjadi Broker Properti di Saat Krisis

Industri broker properti ikut terkena imbas melambatnya pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Pasalnya, saat ini minat konsumen untuk membeli rumah atau apartemen menjadi kebutuhan kedua, setelah kebutuhan pangan dan sandang terpenuhi.

Menurut Lukas Bong, Dewan Kehormatan DPD DKI Jakarta, saat ini terjadi penurunan bisnis broker properti sebesar 10 persen, dan penurunan tersebut terjadi pada sektor rumah dan apartemen. “Saya khawatir jika kondisi ini berlangsung lama, akan membuat banyak kantor agent gulung tikar,” katanya.

Namun jangan panik, bagi Anda yang saat ini yang berprofesi sebagai broker properti, Lukas Bong memiliki tips menarik bagaimana menjadi broker handal di tengah kondisi krisis.

Jangan Hanya Menjadi Broker Namun Sebagai Konsultan

Lucas mengatakan, saat menjalankan profesi broker, jangan hanya menjadi penghubung antar penjual dan pembeli, namun seorang broker juga dituntut harus professional, memiliki banyak pengetahuan tentang properti, mulai dari urusan legalitas hingga analisa investasi. “Seorang broker juga harus menjadi konsultan bagi clientnya, kalau sudah begitu nantinya client akan menjadi sangat nyaman dengan broker tersebut, sehingga ia akan selalu dibutuhkan,” kata Lucas

Menawarkan Harga Yang Realistis

Ekonomi saat ini sedang sulit, untuk itu menurut Lucas seorang broker harus pintar mencari client, caranya dengan memberikan harga yang realistis kepada pencari properti. Jadi seorang broker harus bisa menyampaikan kepada penjual properti berapa pasaran harga properti di daerah tersebut, jangan sampai terlalu mahal kalau memungkinkan pasang harga dibawah rata-rata namun tetap wajar.

“Sebenarnya minat untuk membeli properti masih banyak, tetapi pasar masih wait end see melihat perkembangan ekonomi, jadi kalau mereka dipancing dengan harga di bawah rata-rata pasti akan berminat,” ujar Lucas.

Fokus

Fokus menjadi salah satu kunci utama kesuksesan broker properti, untuk itu Lucas menyarankan seorang broker agar bisa fokus menjalankan profesinya. Jangan sampai pekerjaan ini dijadikan profesi sambilan.

Bergabung Dengan Asosiasi Broker

Hal ini sangatlah penting, karena dengan bergabung dengan asosiasi broker akan mendapatkan keuntungan. Contohnya seperti mendapatkan informasi terbaru seputar industri properti, link baru, atau mengikuti berbagai pelatihan broker.

Menggunakan Portal Properti

Salah satu instrumen terpenting berjualan properti adalah menggunakan jasa portal properti. Menurut Lucas, menjual properti menggunakan media online saat ini dinilai sangat efektif, pasalnya pengguna internet di Indonesia sekarang sudah sangat banyak, apalagi jangkauan internet dinilai sangat luas berbeda dengan karakteristik surat kabar yang penyebarannya sangat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review